Langsung ke konten utama

Cara Penanggulangan Limbah Rumah Tangga di Indonesia

Limbah rumah tangga memang menjadi suatu permasalahan yang masih terus dicari solusi terbaiknya hingga saat ini. Di Indonesia masalah sampah atau limbah masih menjadi permasalahan yang sangat serius untuk bisa ditangani oleh pemerintah, khususnya pemerintah di setiap daerah. 


Masih rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia dalam menjaga lingkungan merupakan salah satu faktor besar dalam permasalahan sampah dan limbah saat ini. 

Sebagai salah satu bagian dari rakyat Indonesia sudah seharusnya setiap insan memulai dalam menjaga lingkungan, terutama lingkungan rumah dan sekitarnya.

Ada banyak cara dalam membantu dalam menjaga kelestarian lingkungan rumah kita dan sekitarnya, dimana salah satunya adalah menanggulangi masalah sampah dan limbah, terutama limbah dari rumah kita sendiri. 

Ya, dengan cara menanggulangi limbah rumah tangga sendiri ini bisa membantu dalam menjaga kelestarian lingkungan, terlebih di rumah sendiri. 

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa limbah rumah tangga merupakan salah satu penyebab yang paling tinggi dalam kerusakan lingkungan rumah dan sekitarnya.

3 Cara Mengatasi Limbah Rumah Tangga

Tentunya kita tidak ingin lingkungan rumah dan sekitarnya akan menjadi terkontaminasi atau rusak akibat limbah tersebut hingga bisa menyebabkan wabah penyakit bagi keluarga sendiri. Untuk itulah, diperlukan kesadaran yang tinggi dalam menangani masalah limbah rumah tangga ini. Adapun cara-cara menanggulanginya diuraikan paparan berikut ini;

 1. Mengurangi pemakaian sumber daya di rumah (Konsep Reduce)

Cara penanggulangan ini bisa dialkuan sendiri oleh para anggota keluarga di rumah. Contohnya, sebisa mungkin melakukan penghematan air dalam mencuci pakaian dengan memakai deterjen atau pewangi yang sekali bilas. Atau bisa melakukan cara ini dengan selalu membawa kantong belanja sendiri setiap kita berbelanja dan mengurangi dalam mengkonsumsi yang tidak terlalu perlu.

2. Menggunakan kembali barang-barang lama yang masih layak digunakan (Konsep Reuse)

Beberapa contoh dalam tindakan dengan cara konsep Reuse ini, antara lain :

  •     Menggunakan baju atau kain bekas untuk digunakan sebagai kain pel atau kain lap dalam membersihkan rumah. 

  •     Menggunakan air bekas mandi dalam menyiram toilet atau membersihkan kamar mandi.

  •     Menggunakan air bekas cucian daging dalam menyiram tanaman rumah. 
  •     Menggunakan kembali sampah organik, seperti kulit wortel, buah-buahan dsbnya untuk bisa dijadikan pupuk di halaman atau taman rumah.

3. Mendaur ulang sampah-sampah yang padat (Konsep Recycle)

Cara penanggulangan yang satu ini dapat dilakukan dengan cara memilih-milih sampah-sampah atau limbah yang bersifat anorganik, seperti plastik, besi/logam, kertas, kardus-kardus, untuk bisa dijual atau memberikannya ke tukang pulung yang lewat rumah kita.

Itulah ulasan singkat dari artikel cara penanggulangan limbah rumah tangga ini. Semoga bisa menginspirasi para pembaca dan salam Go Green!     

Postingan populer dari blog ini

Rumor Tanggal Rilis GTA 6

Sebuah rumor baru dari pengguna Reddit, yang mengaku sebagai karyawan perusahaan induk Rockstar, Take-Two, telah menyarankan Rockstar akan membuat pengumuman besar di E3 2019. Ini berpotensi menjadi GTA 6, Bully 2 atau game Rockstar baru lainnya. Sama, itu tidak bisa. Rumor internet selalu harus diambil dengan sedikit garam. Apa pun itu, hanya ada beberapa minggu lagi hingga E3, jadi kami tidak perlu menunggu lama untuk mengetahuinya. GTA 6 cukup banyak diberikan pada titik ini: setelah kesuksesan yang mengejutkan dari Grand Theft Auto V dan Red Dead Redemption 2, Rockstar Games tidak diragukan lagi bekerja keras membangun permainan untuk mengakhiri semua game. Kami cukup yakin bahwa GTA 6 akan diluncurkan pada konsol Xbox Two dan PS5 mendatang, tetapi bagaimana gim ini akan membawa formula kemenangan seri ke depan? Di mana akan diatur? Bagaimana alur ceritanya? Dan untuk cinta Tuhan, kapan kita akan mendapatkan trailer teaser? Kami sudah memiliki beberapa petunjuk tentang

Ulasan Google Nest Hub Max: Lakukan dengan Home Hub yang Lebih Besar.

Google Nest Hub Max menambahkan layar yang lebih besar dan webcam ke fitur-fitur utama Home Hub. https://www.cnet.com Tidak banyak yang luput dari perhatian para leaker akhir-akhir ini dan itulah yang terjadi pada Google Nest Hub Max yang baru. Kakak laki-laki (lebih dari satu cara) dari Google Home Hub membuat penampilan semi-resmi pertamanya seminggu sebelum pembukaan resminya ketika Google secara keliru menyebutkannya di toko webnya sendiri. Dan ternyata tidak banyak yang baru untuk dipelajari. Ulasan Google Nest Hub Max (langsung): Apa yang perlu Anda ketahui Seperti yang diharapkan, Google Nest Hub Max, pada dasarnya, adalah Google Home Hub (sekarang berganti nama menjadi Google Nest Hub) menjadi lebih besar. Ini memiliki layar 10in, 1.280 x 800 IPS dan susunan speaker yang lebih besar dari Home Hub yang lebih kecil, tetapi selain itu, tampilannya identik dengan saudara kandungnya yang lebih kecil. Ini adalah pengeras suara yang cerdas dengan layar terpasang dan b

Sony Alpha a7: Kualitas Mengalahkan DSLR dalam Paket Berukuran Pint

Inovasi teknis tidak selalu menghasilkan produk yang orang benar-benar ingin beli, tetapi kamera digital Sony telah mengirimkan barang di kedua front baru-baru ini. Kami tergoda untuk mengatakan bahwa a7 adalah pencapaian terbesarnya hingga saat ini. Sony Alpha a7 review: Apa yang perlu Anda ketahui Pada pandangan pertama ini terlihat seperti kamera sistem kompak (CSC) kelas atas yang khas. Desain seperti SLR dengan punuk bidik sudutnya merupakan penyimpangan dari model NEX sebelumnya (sekarang menggunakan merek Alpha), dan menyerupai rentang Olympus OM-D. Namun, perubahan besar ada di dalam. Walaupun menggunakan lensa E-Mount yang sama dengan Sony CSC sebelumnya, ini adalah salah satu CSC pertama (bersama dengan a7R 36-megapiksel) yang menggunakan sensor full-frame. Ini merupakan tonggak penting dalam kemampuan CSC untuk menantang dominasi SLR di kalangan penggemar fotografi. Ini juga merupakan pencapaian teknis yang luar biasa. Salah satu alasan mengapa CSC lebih kecil dar